SUKOREJO PASURUAN PANEN RAYA PERDANA BUAH MATOA - Kabupaten Pasuruan

SUKOREJO PASURUAN PANEN RAYA PERDANA BUAH MATOA

4063x dibaca    2020-10-02 12:29:17    SukorejoSmart

SUKOREJO PASURUAN PANEN RAYA PERDANA BUAH MATOA

SukorejoSmart.com — Buah khas Papua, matoa, yang banyak tumbuh di Kec. Sukorejo Kabupaten Pasuruan, mulai berbuah. Sabtu (4/9/2010). Seluruh Masarakat Sukorejo mulai Panen Perdana termasuk matoa ada di halaman Kantor Kecmatan Sukorejo buahna sangat lebat, buah musiman yang hanya ada di Papua. Kini sukorejo benar-benar akan menadi “City Of Matoa” Sukorejo bisa tunbuh dan berkembang, Buah tersebut di mall dijual dengan harga yang beragam. "Satu kilogram Rp 40.000 hingga Rp 100.000," kata Diano, Camat Sukorejo Sebagai Pencetus Cit Of Matoa di Pasuruan,

Ia mengatakan, matoa yang ditanam berasal dari Putali di daerah tepian Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. "Untuk sampai ke sana harus dengan menggunakan speedboat atau 'motor jonson' guna mendapatkan buah dari masyarakat setempat yang menjualnya," katanya.

Menurutnya, matoa mempunyai dua jenis cita rasa, yaitu rasa kelapa dengan daging yang padat dan manis, sedangkan matoa papeda dagingnya lembek seperti bubur, rasa perpaduan Duren dan klengkeng manis. Ia menambahkan, matoa kelapa paling banyak diminati oleh para pembeli ketimbang matoa papeda atau matoa bubur.

Membedakan buah matoa kelapa dengan matoa papeda memang agak sulit karena kulit buahnya ada berwarna ungu kemerahan atau kuning kehijauan. Ukurannya ada yang besar dan kecil. "Kalau dibandingkan, buah matoa seperti buah kelengkeng, tetapi matoa ukurannya agak besar sedikit dengan rasa yang berbeda," katanya.

"Matoa saat ini mulai musim," katanya. Masyarakat Sukorejo mulai panen perdana, biasanya matoa akan banyak saat memasuki September sampai dengan Desember. "Karena matoa buah musiman, biasanya Desember baru terjadi musim panen yang lebih banyak," katanya.

Komentar (0)

  1. Belum ada komentar

Tulis Disini