STAND SUKOREJO SMART - Kabupaten Pasuruan

STAND SUKOREJO SMART

1859x dibaca    2018-04-12 10:38:41    SukorejoSmart

STAND SUKOREJO SMART

STAND SUKOREJO SMART

dan 5 Tips Sukses Menjadi UMKM

Dikantor Sukorejo Smart menyediakan stand untuk display/pemajangan produc hasil olahan matoa (Buah Matoa,Batik MatoaSari matoa, jelly matoa, kue matoa) dan olahan kreatifitas produc lain oleh masyrakat sukorejo, diantaranya tape kenduruan, kripik lele, abon lele, aneka KOPI Glagahsari, dan kami siap menerima hasil kreatifitas masyarakat yang mau bergabung dan mendisplay barangnya.

Berikut ini 5 Tips untuk Sukses di bidang UKM,

seperti paparan yang dituturkan Hamzah kepada via dikantor Kamis (12/4/2018).

1. Mempunyai Business Plan

2. Mempunyai S.O.P
3. Mempunyai Strategi Plan

4. Membangun Network

5. Memanfaatkan Internet dan Social Media


Banyak orang menjalankan usaha dengan cara coba-coba “Trial and Error”, tidak mau belajar dari ahlinya, tidak mau mengeluarkan biaya untuk proses belajar tersebut dan akhirnya malah mengeluarkan biaya yang sangat besar karena kegagalan-kegagalan atau mengalami kerugian yang sebenarnya bisa dihindari atau paling tidak diminimalkan.

Menurut Amir, dengan cara belajar dan bertanya kepada ahlinya atau kepada orang yang sudah sukses menjalankan jenis usaha tersebut, dapat membuka pengetahuan dan peluang untuk merangkai sukses.

Perencanaan Usaha (Business Plan) ini tidak hanya diperlukan pada saat memilih dan memulai usaha, tetapi juga bisa digunakan untuk mengevaluasi sampai mengembangkan usaha yang di dalamnya berisi antara lain Deskripsi Bisnis, Analisa Pasar dan Kompetitor, Pemilihan Lokasi, Pemasaran, Manajemen dan SDM, Rencana Produksi, Keuangan, Data informasi pendukung, Tujuan Jangka Pendek, menengah dan Jangka Panjang, Pengembangan Usaha.

Strategic Plan ini digunakan sebagai strategi untuk menghadapi setiap permasalahan yang ada baik intern maupun ekstern, jangka pendek, menengah atau jangka panjang, bahkan bisa digunakan jika terjadi sesuatu yang terjadi secara mendadak atau tiba-tiba, misalnya menghadapi kompetitor, supplier, partner, bahkan karyawan kita sendiri.

Membangun network atau jejaring bisa dilakukan dengan berbagai cara, jaringan ini diperlukan tidak hanya dalam hal pemasaran tetapi juga dalam rangka mencari partner yang akan mendukung usaha kita, misalnya supplier, transporter, distributor, menjalin simbiosis mutualisma (saling menguntungkan) dan lain-lain, melalui beberapa kegiatan misalnya sering menghadiri seminar, workshop atau training (tidak hanya dapat ilmu tetapi juga mendapatkan relasi), dengan membuat kartu nama, brosur, buletin, bergabung dengan beberapa komunitas entrepreneur, sosial, keagamaan, hobby, paguyuban dan sebagainya.

Untuk mengembangkan jaringan atau networking, internet dan social media sangat efektif digunakan pemanfaatan social media ini akan menghemat biaya dan waktu, karena UKM dengan calon konsumen atau partner tidak harus bertemu langsung, untuk itu pelaku UKM wajib belajar dan memanfaatkan internet mulai dari email, facebook, twitter, BBM, membuat blog atau website.

Komentar (0)

  1. Belum ada komentar

Tulis Disini