IBU CAMAT IKUT SUKSESKAN "GERNAS BAKU"

GENERASI GEMAR MEMBACA

KELOMPOK BERMAIN & HIMPAUDI KEC.SUKOREJO.

APRIL 22, 2018

Guna memunculkan dan melecut semangat gemar membaca, Ibu Camat ikut mensukseskan “GERNAS BAKU” GERAKAN NASIONAL ORANG TUA MEMBACAKAN BUKU, Ibu Camat  kenali sejak dini anak didik dan anak kita dengan cerita dan membaca, Ketua PKK Sukorejo mengajak Kelompok Bermaindari KB Masitoh Genengan Sukorejo.  untuk Gemar membaca.

Sejauh ini minat membaca buku di Indonesia masih terbilang rendah. Kegemaran memperbanyak pengetahuan dan membuka cakrawala wawasan yang merupakan jaminan kemajuan suatu bangsa, tentu terancam. Buku seakan kurang bersahabat bagi generasi muda. Berbagai faktor memang berkelindan memberikan pengaruhnya pada kemauan serta hasrat membaca di kalangan masyarakat. Mulai dari tingkat kesejahteraan hingga kebiasaan yang dibangun di lingkungan keluarga juga berdampak pada minat ataupun kegemaran membaca.
Di lain sisi, membaca dipercaya bakalmemberikan dampak positif yang besar bagi kemajuan peradaban. Paling mudah terlihat, di suatu masyarakat yang gandrung akan budaya membaca, akan terlihat lebih produktif menemukan bermacam teknologi dan mengembangkan nilai-nilai sosial mereka.
Membaca sendiri sedikitnya akan memberikan manfaat bagi seseorang, yaitu :
a. Menambah dan memperluas wawasan dan pengetahuan
b. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah
c. Mempertajam tingkat pemikiran
d. Memiliki sikap obyektif terhadap masalah
e. selalu mementingkan fakta dan informasi

setidaknya banyak langkah yang dapat ditempuh semua pihak. Langkah paling minimal ialah memajukan perpustakaan, dari isi hingga pengadaan fasilitas yang menunjang. Selain itu, terdapat pula cara yang berguna bagi menumbuhkan semangat hobi membaca di kalangan generasi muda. Setidaknya, generasi muda dapat terbiasa dengan aktivitas membaca buku, ketika mereka menyadari arti penting serta cara-cara membaca buku yang menyenangkan sehingga lebih pas buat mereka.
Berikut cara-cara menumbuhkan minat gemar membaca generasi muda:
1. Pertama mereka harus menganggap membaca buku itu sesuatu yang bisa meningkatkan kepercayaan diri, mereka harus menyadari bahwa membaca buku akan membawa mereka menemukan jatidiri dan nilai-nilai kepribadian.
2. Tumbuhkanlah rasa ingin tahu yang besar terhadap buku. Rasa penasaran akan menggugah generasi muda untuk menyelami lebih dalam sesuatu hal, termasuk membaca buku.
3. Kemudian ajak mereka mendapatkan pengalaman membaca buku yang menyenangkan, di mana terdapat tempat yang nyaman dan sejuk.
4. Ajak mereka menemukan hal-hal yang menarik dari buku yang dibaca, dengan itu mereka akan terangsang dan semakin penasaran untuk melahap habis buku itu.

Berita Terkait

GURU PAUD KUAT INDONESIA HEBAT, HIMPAUDI KECAMATAN SUKOREJO PERINGATI HUT KE-15

GURU PAUT KUAT INDONESIA HEBAT, HIMPAUDI KECAMATAN SUKOREJO PERINGATI HUT KE-15

Sukorejo.Com – Peringatan HUT HIMPAUDI ke-15 diharapkan dapat menjadi cambuk pendorong bagi masyarakatRead More

100 PRODUK UKM TP PKK SUKOREJO IKUT LOUNCING WARUNG PKK KABUPATEN PASURUAN

InfoSukorejo.com. (01/7) Dalam rangka ikut mensukseskan perkembangan ekonomi mikro di wilayah Pasuruan  khususnya, Pemenuhan bahan makanan dan baan pokok di masa pandemi covid-19 dalamRead More

KWT "KEKALI MAKMUR " JADI UJUNG TOMBAK KETAHANAN PANGAN KELUARGA

Pembinaan Kelompok Wanita Tani ( KWT )  Desa Kalirejo Kecamatan Sukorejo

“KWT jadi ujung tombak ketahanan pangan keluarga”

 

Kegiatan rutin yang dilakukan olehRead More

No Comments

Tuliskan Komentar