OPTIMALISASI PEMANFAATAN EMBONG BITING Ds. Sukorame Kec. Sukorejo

OPTIMALISASI PEMANFAATAN EMBONG BITING

UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEKITAR

Ds. SUKORAME Kec. SUKOREJO

 

Sukorejo.News – Camat Sukorejo yang akrap dipanggil (Bapak Diano) melakukan Surve lapangan Embong Biting di Desa Sukorame Kec. Sukorejo didampingi oleh Kepala Desa (Jakfar), Sukorejo Senin 16 April 2018. Beliyau menjelaskan bahwa akan ada penelitian mendalam untuk optimalisasi pemanfaatan embung, Potensi Desa berbasis IDM (Indek Desa Membangun), bekerjasama dengan Program Doktor Mengabdi, dari FPIK  Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Kepala Desa menjelaskan Pada tahun 2006 Deapartemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Sumberdaya Air, membangun Embong Biting Ds. Sukorame Kec. Sukorejo, dengan pembangunan Embung tersebut diharapkan akan meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan dampak meningkatkan taraf ekonomi masyarakat trutama pertanian dan perikanan yg selama ini system tadah hujan, nah,,,! Dengan adanya embung ini, kita harus memanfaatkan terutama masyarakat yang berada di sekitar Dusun Biting Kecamatan Sukorejo Kab. Pasuruan dengan luas Lima hektar, panjang kurang lebih satu kilo setengah, embung ini bakal memberi manfaat untuk Desa Sukorame, dan akan mengairi Tanah sawah seluas 91 Ha dan Tanah Tegal 132 Ha. (Terangnya)

            Camat Sukorejo, Ke depan pemerintah juga berharap akan ada peningkatan pemanfaatan embung dari hanya serapan air, juga sebagai wisata dan sarana budidaya ikan. Dengan begitu pemerintah membeli tanah masyarakat yang ada dibantaran sungai Embong tersebut untuk pemanfaatan masyarakat, menurut dia, dana desa harus lebih aktif untuk membangun Sumber Daya Manusianya dalam pemanfaatan embong. Tidak hanya dijadikan tempat mancing ikan dan irigasi, terangnya, (Red.hamzah).

Berita Terkait

INDEK KEPUASAN MASYRAKAT

HASIL SURVE KEPUASAN MASYARAKAT SUKOREJO

           

TERIMA KASIH ATAS PENILAIANRead More

No Comments

Tuliskan Komentar